Rabu, 15 Julai 2009

Pelajaran Dari Peristiwa Isra Mi'raj: Doa Menghindari Gangguan Jin

Sewaktu Rasulullah صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم sedang menunggang Buraq (ketika dalam peristiwa Isra’ wal Mi’raj), tiba-tiba dilihatnya ‘Ifrit (bangsa jin yang sangat jahat) mengejar Baginda صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم dari belakang sambil membawa obor api. Setiap kali Baginda صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم menoleh, ‘Ifrit tersebut masih ada mengekori Baginda صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم . Jibril عليه السلام berkata: Sukakah engkau, aku ajarkan beberapa kalimat yang jika diucapkan akan jatuh tersungkur ‘Ifrit dan padamlah obornya? Maka Rasulullah صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم menjawab: Ya. Lalu Jibril عليه السلام berkata, ucapkanlah:

اَعُوْذُ بِوَحْهِ اللهِ الكَرِيْمِ وَبِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ الَّتِيْ لاَ يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ وَلاَفَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا يُنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمنَ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيْهَا وَمنَ شَرِّ مَا ذّارَأَ فِيْ الارْضِ وَمنَ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمِنْ فِتَنِ الَّليْلِ والنَّهَارِ وَمِنَ طَوَارِقِ الَّليْلِ والنَّهَارِ اِلاَّ طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَارَحْمنُ

Ertinya: Aku mohon perlindungan dengan Dzat Allah Yang Maha Mulia dan dengan firman-firmanNya yang amat sempurna, yang tidak dapat dilanggar oleh seseorang yang baik mauhupun yang durhaka, dari segala (bentuk) kejahatan apa saja yang turun dari langit serta kejahatan apa saja yang naik ke langit. Juga dari segala bentuk kejahatan apa saja yang melata di bumi dan dari kejahatan apa saja yang keluar dari bumi, serta dari fitnah-fitnah (yang berada) pada waktu malam dan siang hari, juga dari pendatang-pendatang (buruk) di waktu malam dan siang hari, kecuali sesuatu yang datang dengan membawa kebaikan, wahai Dzat Yang Maha Berbelas Kasih.

Setelah Baginda صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم membaca doa tersebut tersungkurlah ‘Ifrit tersebut dan padamlah obornya.

Dipetik dari Qishatul Mi’raj dan Mi’rajul Kabiir oleh al-Hafidz asy-Syaikh Najmuddin al-Ghaithiy, terjemahan Habib ‘Abdullah Zakiy al-Kaaf.



Nota:

Baginda صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم menoleh kebelakang untuk melihat itu, bukanlah kerana Baginda صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم takut, melainkan untuk memberikan pelajaran kepada umat Baginda صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم bagaimana hendak mengusir ‘Ifrit atau gangguan jin yang jahat atau yang sebangsa dengannya , sebagaimana doa yang diajarkan oleh Jibril عليه السلام. Maka eloklah kita amalkan doa ini untuk menghindari dari gangguan jin dan kuncu-kuncunya dan yang sebangsa dengannya (juga golongan manusia yang berperangai seperti mereka) .



0 komen:

Related Posts with Thumbnails