Isnin, 14 Januari 2008

Puasa Sunat

Hamba petik dari kitab an-Nashoih ad-Diniyah wal Washoya al-Imaniah (Nasihat Agama dan Wasiat Iman) oleh Quthubul Irsyad wal Ghausul 'Ibad al-Imam al-Habib Abdullah bin 'Alawi al-Haddad رضي الله عنه. Yang mana ringkasan kitab ini beserta dengan takhrij hadits-hadits didalamnya telah diusahakan oleh guru hamba Syaikh Muhammad Nuruddin Marbu al-Banjari حفظه الله dan beri nama Mukhtasor an-Nashoih ad-Diniyah wal Washoya al-Imaniah.

أفضل الصيام
واعلم - أن أفضل الصيام صيام شهر رمضان، وكذلك يكون الأمر في جميع الفرائض، أعنى أنها تكون أفضل من النوافل التي من جنسها بشيء كثير، لقوله عليه السلام عن الله تعالى: " ما تقرب المتقربون إلي بمثل ما افترضته عليهم ، و لا يزال العبد يتقرب إلي بالنوافل حتى أحبه (الحديث)

ثم صوم الأشهر الحرم وهي أربعة : ذو القعدة وذو الحجة ومحرم ورجب
وقد ورد: " أن صوم يوم من الأشهر الحرم يعدل صيام ثلاثين يوما من غيرها ، وصيام يوم من رمضان يعدل ثلاثين يوما من الأشهر الحرم "


Puasa Yang Utama

Ketahuilah bahwa puasa yang paling utama ialah puasa pada bulan Ramadhan, sebagaimana fardhu-fardhu yang lain, dari segi kelebihan dan keutamaannya. Yakni, semua yang fardhu itu tentu lebih utama dari yang sunat dari yang sama jenisnya.

Sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم: “Tidaklah sama sesuatu yang dilakukan oleh orang-orang yang mendekatkan dirinya kepadaKu, sebagaimana mereka mengerjakan sesuatu yang Aku fardhukan kepada mereka. Dan selama seseorang itu mendekatkan dirinya kepdaKu dengan mengerjakan amalan-amalan sunnat hingga Aku mencintainya…” Sesudah itu puasa pada bulan Haram; yaitu empat bulan, terdiri dari Dzul Qa’idah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rejab.


Ada suatu riwayat yang mengatakan berpuasa sehari dalam bulan Haram itu menyamai pahala berpuasa tiga puluh hari dibulan lainnya. Selanjutnya berpuasa sehari pada bulan Ramadhan menyamai pahala berpuasa tiga puluh hari pada bulan-bulan Haram.


فضل صوم يوم عرفة ويوم عاشوراء
ومن الفضائل: صوم يوم عرفة، وهو يوم الحج، التاسع من ذي الحجة، وقد ورد أن صومه يكفر سنتين، وصوم يوم عاشوراء، وهو العاشر من المحرم، وقد ورد أن صومه يكفر سنة


Puasa Hari Arafah dan Hari Asyura

Di antara puasa yang utama lagi ialah berpuasa pada hari Arafah; yaitu hari kesembilan dari bulan Dzul-Hijjah. Ada satu riwayat yang mengatakan bahwa berpuasa pada hari itu akan menebus dosa selama dua tahun. (Hadits riwayat: Muslim dan yang lainnya)(1)


Adapun puasa 'Asyura ialah puasa pada tanggal 10 bulan Muharram. Ada riwayat yang mengatakan bahwa berpuasa pada hari itu akan menebus dosa selama setahun.(2)




Notakaki:-

(1) Haditsnya adalah seperti berikut:

عن أبي قتادة رضي الله عنه قال : سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن صوم يوم عرفة؟ فقال: يكفّر السنة الماضية و الباقية – رواه مسلم واللفظ له، وأبو داود، والنسائي، وابن ماجه، والترمذي، ولفظه: إن النبي صلى الله عليه وسلم قال: صيام يوم عرفة إني أحتسب على الله أن يكفّر السنة التي بعده، و التي قبله


(2) Haditsnya adalah seperti berikut:
عن أبي قتادة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم سئل عن صيام عاشوراء؟ فقال: يكفّر السنة الماضية - رواه مسلم وغيره


0 komen:

Related Posts with Thumbnails