Ahad, 1 Februari 2009

Dialog Imam Ja’far ash-Shadiq رضي الله عنه dengan Kaum Rafidhah - 2

Petikan daripada buku Bunga Rampai Keutamaan Dzat Ahlulbait oleh Habib Aidarus Alwee Al-Mashoor.

Dialog Imam Ja’far ash-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin ‘Ali Zainal ‘Abidin bin Hussin as-Sibth bin ‘Ali bin Abi Thalib رضي الله عنهم dengan Kaum Rafidhah.

Sambungan dari entri sebelumnya

Rafidhi: Akan tetapi Allah Ta’ala berfirman berkenaan dengan Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه:

أَجَعَلْتُمْ سِقَايَةَ الحَاجِّ وَعِمَارَةَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ كَمَنْ آمَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَجَاهَدَ فِي سَبِيْلِ اللهِ لاَ يَسْتَوُوْنَ عِنْدَاللهِ

Apakah (orang-orang) yang memberi minuman kepada orang-orang yang mengerjakan haji dan mengurus masjidil haram, kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta berjihad di jalan Allah? Mereka tidak sama di sisi Allah. (Surah at-Taubah: 19)


Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه: Begitu pula dengan ayat alquran yang turun berkenaan dengan Abubakar. Allah Ta’ala berfirman:

لاَ يَسْتَوِي مِنْكُمْ مَّنْ أَنْفَقَ مِنْ قَبْلِ الْفَتْحِ وَقَاتَلَ أُوْلَئِكَ أَعْظَمُ دَرَجَةً مِّنَ الَّذِينَ أَنْفَقُوا مِنْ بَعْدُ وَقَاتَلُوا وَكُلاً وَعَدَاللهُ الْحُسْنى وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
Tidak sama di antara kamu orang yang menafkahkan (hartanya) dan berperang sebelum penaklukan (Mekah). Mereka lebih tinggi derajatnya daripada orang-orang yang menafkahkan (hartanya) dan berperang sesudah itu. Allah menjanjikan kepada masing-masing mereka (balasan) yang lebih baik. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al-Haddid: 10)

Sesungguhnya Abu Bakar رضي الله عنه adalah orang pertama yang menginfaqkan hartanya kepada Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم, pertama kali yang berjihad bersama Rasulullah. Ketika orang-orang musyrik datang menganiaya Nabi صلى الله عليه وآله وسلم hingga berdarah di Makkah, berita tersebut terdengar oleh Abu Bakar رضي الله عنه, segera beliau mendatangi Nabi صلى الله عليه وآله وسلم dan seraya berkata kepada kaum Musyrikin: 'Celakalah kamu, apakah kamu sekalian ingin membunuh seorang yang berkata Allah Ta’ala adalah Tuhannya di mana kebenaran itu telah datang kepadamu melalui Tuhanmu?' Maka kaum Musyrikin tersebut meninggalkan Nabi صلى الله عليه وآله وسلم dan membawa Abu Bakar رضي الله عنه serta memukulnya hingga tidak terlihat jelas hidung di wajahnya (karena tertutup oleh darah akibat pukulan kaum musyrikin).

Abu Bakar رضي الله عنه adalah orang yang pertama berjihad di jalan Allah Ta’ala. Orang yang pertama berperang bersama Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم, orang yang pertama menginfaqkan hartanya, sehingga Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda: 'Tidaklah bermanfaat bagiku suatu harta sebagaimana harta Abu Bakar'.


Rafidhi: Akan tetapi Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه tidak pernah menyekutukan Allah Ta’ala sekejap matapun.


Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه: Sesungguhnya Allah Ta’ala telah memuji kepada Abu Bakar رضي الله عنه dengan berbagai macam pujian. Allah Ta’ala berfirman pada surah al-Zumar 33:

وَالَّذِي جَاءَ بِالصِدْقٍ - رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم- وَصَدَّقَ بِهِ – ابو بكر-

Ketika kaum musyrikin saat itu berkata kepada Nabi صلى الله عليه وآله وسلم:

“Engkau adalah seorang pendusta”. Tetapi Abu Bakar رضي الله عنه berkata kepada Nabi صلى الله عليه وآله وسلم: “Engkau adalah seorang yang benar”. Maka turunlah ayat ini yang merupakan ayat tashdiq (membenarkan) yang khusus ditujukan kepada seorang yang taqwa, suci, redha dan diredhai, dan menunaikan segala amanah.


Rafidhi: Akan tetapi cinta kepada Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه diwajibkan dan hal itu terdapat dalam Kitabullah. Allah Ta’ala berfirman dalam surah al-Syura ayat 23:

قُلْ لاَّ أسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إَلاَّ الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبى

Tidaklah aku minta kepada kalian, kecuali kecintaan kalian kepada keluargaku.


Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه: Begitu pula dengan Abu Bakar رضي الله عنه. Allah Ta’ala berfirman dalam surah al-Hasyr 10:

وَالَّذِينَ جَاءُ وا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْلَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُوْنَا بِالإِيمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوْبِنَا غِلاًّ لّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفُ رَّحِيمٌ
Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor),mereka berdoa: 'Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman, Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau maha penyantun lagi maha penyayang.

Abu Bakar رضي الله عنه termasuk orang-orang terdahulu dalam beriman, maka istighfar baginya adalah wajib, cinta kepadanya adalah wajib, dan benci kepadanya adalah suatu perbuatan kufur.


Rafidhi: Nabi صلى الله عليه وآله وسلم bersabda:

الحَسَنُ وَالحُسَينُ سَيِّدًا شَبَابِ أَهْلِ الجَنَّةِ وَاَبُوهُمَا خَيْرٌ مِنْهُمَا

Hasan dan Husein adalah penghulu pemuda ahli surga, dan ayahnya lebih baik dari keduanya.


Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه: Abu Bakar رضي الله عنه mempunyai kedudukan yang lebih utama dari yang demikian itu, sebagaimana ayahku meriwayatkan kepadaku dari datukku dari Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه: “Ketika aku bersama Nabi صلى الله عليه وآله وسلم dan tidak ada orang selain diriku, datanglah Abubakar dan Umar رضي الله عنهما, maka Nabi صلى الله عليه وآله وسلم berkata:

يَا عَلي! هَذَانِ سَيِّدًا كُهُوْلِ أَهْلِ الجَنَّةِ وَشَبَابُهُمَا , … لاَ تَخْبرهُمَا يَا عَلي , مَا دَامَا حَيَّين

'Wahai Ali kedua orang ini adalah penghulu orang dewasa dan pemuda penghuni surga, … janganlah engkau beritahukan kabar ini selama keduanya masih hidup'. Maka tidak aku beritahukan hal itu kepada salah seorang pun hingga mereka berdua meninggal dunia.


Rafidhi: Mana yang lebih utama, Fathimah binti Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم atau Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq رضي الله عنها?


Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم: يس , وَالْقُرْآنِ الْحَكِيْمِ - حم , وَالْكِتَابِ الْمُبِيْنِ

Saya bertanya kepada anda mana yang lebih utama Yaasin atau Haa miim? Berdasarkan hal itu mana yang lebih utama Fathimah binti Nabi صلى الله عليه وآله وسلم atau Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq رضي الله عنها, bacalah al-Quran?!


Aisyah binti Abubakar Shiddiq رضي الله عنها bersama Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم di syurga, dan Fathimah binti Nabi صلى الله عليه وآله وسلم adalah penghulu kaum wanita penghuni syurga. Allah Ta’ala melaknat hambaNya yang mencemarkan kehormatan isteri Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم serta membinasakan hambaNya yang membenci Fathimah binti Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم.


Rafidhi: Aisyah telah membunuh Ali bin Abi Thalib, padahal ia adalah isteri Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم.


Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه: Sungguh celaka engkau! Allah Ta’ala berfirman:

وَمَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُؤْذُوْا رَسُوْلُ اللهِ
Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah. (Surah al-Ahzab: 53)

Rafidhi: Abubakar, Umar, Usman dan Ali, apakah kekhalifahan mereka terdapat dalam al-Quran?

Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه: Ya, bahkan dalam kitab Taurat dan Injil. Allah Ta’ala berfirman:
وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلاَئِفَ الأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ

Dan Dialah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi dan Dia yang meninggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat.

اَمَّن يُجِيبُ المُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الأرْضِ

Atau siapakah yang memperkenankan (do'a) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdo'a kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan menjadikanmu (manusia) sebagai khalifah di muka bumi?

لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكَّنَنَّ لَهُمْ دِينُهُمْ الَّذِي ارْتَضى لَهُمْ

Dan Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka khalifah (berkuasa) di muka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka khalifah (berkuasa), dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhoi-Nya untuk mereka.

Rafidhi: Wahai anak Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم, di mana dalam kitab Taurat dan Injil yang menceritakan kekhalifahan mereka?

Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه: Allah Ta’ala berfirman:

مُحَمَّدٌ رَّسُولُ اللهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ – ابو بكر رضي الله عنه

, أَشِدَّاءُ عَلَى الكُفَّارِ – عمر رضي الله عنه

, رُحَمَاءُ بِيْنَهُمْ – عثمان رضي الله عنه

, تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدَا يَبْتَغُونَ فَضْلاً مِّنَ اللهِ وَرِضْوَانًا – علي رضي الله عنه

, سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مَِنْ أَثَرِ السُجُودِ – صحابة رسول الله صلى الله عليه وسلم رضوان الله عليهم

, ذَالِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَوْرَاةِ وَمَثَلُهُمْ فِي الإِنْجِيلِ

Apa makna yang terdapat dalam Taurat dan Injil tersebut? Iaitu: Muhammad adalah seorang Rasul dan khalifahnya sesudahnya Abubakar, Umar, Usman dan Ali bin Abi Thalib. Kelihatan pada wajah Rafidhi itu belum dapat menerima penjelasan Imam Ja'far, maka beliau berkata: 'Celakalah engkau! Allah Ta’ala berfirman:

كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ – ابو بكر رضي الله عنه

فَاسْتَغْلَظَ – عمر رضي الله عنه

فَاسْتَوى عَلَى سُوْقِهِ – عثمان رضي الله عنه

يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيْظَ بِهِمْ الكُفَّارَ – علي رضي الله عنه

وَعَدَ اللهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُواالصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَاَجْرًا عَظِيْمًا – صحابة رسول الله صلى الله عليه وسلم رضوان الله عليهم

Rafidhi: Wahai anak Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم, apakah hal ini terdapat dalam al-Quran?


Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه: Ya. Allah Ta’ala berfirman:

وَجِيءَ بِالنَّبِيِّينَ وَالشُّهَدَاءِ - ( ابو بكر، عمر، عثمان، علي – رضي الله عنهم) ,وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالحَقِّ وَهُمْ لاَ يُظْلَمُوْنَ

Rafidhi: Wahai anak Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم, apakah Allah Ta’ala akan menerima taubatku yang telah membedakan keutamaan antara Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali bin Abi Thalib?


Imam Ja'far ash-Shadiq رضي الله عنه: Ya, pintu taubat selalu terbuka, maka perbanyaklah istighfar bagi mereka. Jika engkau selalu membeda-bedakan di antara mereka, maka engkau akan meninggal bukan dalam kesucian Islam, dan kebaikan engkau seperti amalan para orang-orang kafir yang tidak bermanfaat.


Setelah peristiwa dialog itu, Rafidhi tersebut bertaubat.

Sumber: al-asyraf.net

0 komen:

Related Posts with Thumbnails